Cara Menentukan Tarikan Senar Raket Dengan Mudah

Belajar cepat cara memahami tarikan senar raket yang ideal bagi pemain. Kesiapan raket adalah salah satu hal penting yang juga harus diperhatikan dalam persiapan sebelum permainan bulutangkis. Sebuah raket yang ideal adalah raket yang baik dan bisa bekerja atau berfungsi secara optimal sesuai dengan tipe si pemain. Untuk mengetahui sebuah raket yang ideal dan baik bagi si pemain, maka diperlukan pengetahuan dalam memahami tarikan pada senar raket. Sebagus apapun raketnya, namun apabila tidak memahami tarikan senar maka hasilnya juga tidak akan maksimal. Apalagi bila pada sebuah even pertandingan bulutangkis yang resmi, memperhatikan tarikan senar yang benar pada raket adalah suatu kemestian yang harus dilakukan. Berikut ini rahasia tarikan senar raket bulutangkis yang bisa anda pelajari untuk memahami tarikan senar yang ideal bagi seorang pemain.
http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/06/belajar-memahami-tarikan-senar-raket.html

Rahasia tarikan senar-1
Pertama-tama anda harus mengetahui terlebih dulu jenis senar mana yang cocok untuk tipe pemain seperti anda. berikut cara untuk menentukan jenis senar yang cocok untuk anda:
  • Senar yang tebal lebih cocok untuk power player
  • Senar yang tipis lebih cocok untuk control player
Bagaimana cara untuk mengetahui anda adalah pemain bulutangkis yang control player atau power player? Untuk mengetahuinya, mintalah bantuan pada teman anda agar ia mengamati anda saat bermain bulutangkis. Namun, jangan anda sendiri yang menentukan kalau anda ini tipe pemain yang mana, mengapa? Karena kebanyakan dari mereka justru berpikir sesuai dengan apa yang mereka inginkan, bukan sesuai dengan kenyataannya. Misalnya: banyak sekali orang yang menginginkan menjadi smasher (spiker) yang handal dalam olahraga bulutangkis, namun kenyataan dilapangan berkata lain, orang tersebut justru jarang sekali melakukan smash, dan lebih banyak melakukan lob dan dropshot. Oleh karena itu mintalah bantuan pada teman, pelatih atau siapa saja yang anda percaya untuk mengamati gaya permainan anda saat dilapangan. Berikut ini beberapa contoh jenis senar yang cocok untuk tipe control player dan jenis senar yang cocok untuk power player:
  • Senar yang lebih cocok untuk digunakan oleh tipe control player adalah bg-66, 68ti, 85, asahaway MP, R4x100/200, gosen pro-66, dan lain sebagainya.
  • Sedangkan senar yang cocok digunakan oleh power player adalah bg-65, 95, 65ti, ashaway ML, R4x300, dan lain-lain.
Pedoman umum untuk memahami tarikan senar adalah semakin kencang tarikan, maka power akan menurun dalam batas tertentu dan control meningkat. Semakin longgar tarikan, power meningkat dalam batas tertentu dan kontrol menurun. Kesimpulan diatas mungkin berlaku pada range tarikan 18 s/d 35 lbs. Namun semakin tinggi kekuatan ayunan pukulannya, untuk menghasilkan maksimal power maka dapat diperoleh dari tarikan yang lebih tinggi dalam range/ batas tertentu. Nah, yang perlu menjadi pencarian pemain khususnya pemain pemula adalah batas tertentu tersebut. Karena itulah tarikan senar raket yang ideal bagi setiap pemain berbeda-beda dan salah satunya tergantung dengan kekuatan ayunan pukulan.
Rahasia tarikan senar-2
Untuk memahami rahasia tarikan senar berikutnya, ikuti tips atau langkah-langkah berikut:
  1. Pertama-tama, carilah sparing partner 1 orang, kemudian mainlah setengah lapangan single.
  2. Setelah itu berdirilah di garis baseline yang paling belakang. Kemudian pukul shuttle cock dengan 75% tenaga anda dengan menggunakan teknik clear to baseline.
  3. Perhatikan hasil pukulan anda, apakah shuttle cock jatuh berada diantara 2 garis baseline? Ulangi percobaan ini kurang lebih hingga 5-6 kali percobaan. Bila shuttle cock out itu berarti tarikan anda kurang tinggi, namun bila shuttle cock tidak sampai di garis baseline depan itu berarti  tarikan anda ketinggian.
  4. Sekarang lakukan percobaan yang sama seperti tadi, namun kali ini gunakanlah tenaga penuh 100%.
  5. Kemudian perhatikan hasilnya, apakah shuttle cock jatuhnya out 20 cm lebih dibelakan garis baseline? Ulangi hingga 5-6 kali percobaan. Jika kok tidak sampai out lebih dari 20 cm, maka tarikan anda ketinggian atau terlalu tinggi dan harus dikurangi.
  6. Apabila prosentase hasil percobaan no. 3 dan 4 sudah 80 persen, maka itu berarti anda sudah menemukan tarikan yang cocok atau ideal bagi anda. kemudian cobalah untuk bermain setelah anda menemukan angka tarikan (string tension) yang pass atau ideal untuk anda, dan perhatikan apakah permainan anda mengalami peningkatan.
Prinsip dasar tarikan senar adalah semakin kencang tarikan maka semakin pass atau enak untuk mengontrol dan semakin rendah tarikan maka semaki powerfull.
Demikianlah artikel dari kami yang membahas belajar cepat cara memahami tarikan senar raket yang ideal bagi pemain. Semoga bermanfaat, baca juga “cara melakukan servis bulutangkis yang benar” dan “cara efektif melakukan pemanasan sebelum pertandingan“.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *